jam spongebob

<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

Selasa, 17 Januari 2012

PENGERTIAN WWW (word web wide)

Pengertian World Wide Web ( WWW ) | Services | URL

Pengertian World Wide Web ( WWW )

Pengertian World Wide Web ( WWW )

World Wide Web adalah suatu sarana pembagian informasi antara pengguna jaringan komputer. Suatu informasi (berupa tulisan, gambar, suara, atau video) dapat diberikan kepada orang lain yang memungkinkan terjadinya pertukaran pengetahuan atau pembagian pekerjaan.
World Wide Web (biasa disingkat WWW) atau web adalah salah satu dari sekian banyak layanan yang ada di internet. Layanan ini paling banyak digunakan di internet untuk menyampaikan informasi karena sifatnya mendukung  multimedia. Artinya informasi tidak hanya disampaikan melalui teks, tapi juga gambar, video dan suara.
Web Server adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang memberikan informasi.
Web client adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang meminta informasi.
Untuk dapat mengakses web server, web client menggunakan aplikasi yang disebut Web browser. Web browser meminta dan menerima data dari web server melalui suatu protokol yang disebut http (hypertext tranfer protocol). Protokol ini bertugas untuk mengirimkan perintah dari web browser ke web server serta mengirimkan file/data dari web server ke web browser.
File yang dikirim dalam layanan web ini berekstensi .htm atau .html. HTML
merupakan singkatan dari hypertext markup language, yaitu satu bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan susunan informasi dalam file hypertext.
Hypertext sendiri adalah suatu struktur pemyampaian informasi dimana satu atau beberapa kata pada suatu file dapat di-link untuk mengeluarkan file baru yang biasanya berisi informasi detail tentang kata tersebut. Mengenai hypertext akan dibahas dalam modul berikutnya.

Services

Services atau layanan adalah kemampuan suatu komputer dalam memberikan suatu informasi atau melakukan sesuatu bagi komputer lain. Komputer yang memberikan layanan disebut server dan yang meminta layanan disebut client.
Di dalam internet, terdapat beberapa service/layanan yang umum. Layanan-layanan itu adalah sebagai berikut:
  • HTTP, yang merupakan layanan dimana pengguna dapat tukar-menukar berbagai informasi melalui web. Untuk pertimbangan keamanan data, dapat juga didesain web yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan password terlebih dahulu sebelum dapat mengakses web.
  • FTP (File Transfer Protocol), merupakan suatu layanan yang digunakan untuk mentransfer file dari suatu lokasi ke lokasi lain.
  • E-mail, merupakan layanan paling populer, karena dengan E-mail pengguna dapat dengan mudah mengirim pesan, dan dapat juga digunakan untuk mengirim data.
  • Video Conference, merupakan layanan yang sangat interaktif, karena dapat terjadi komunikasi dua arah secara audio/visual.
  • Dan lain-lain.

URL (Uniform Resource Locator)

Setiap komputer yang terhubung ke Internet dapat didaftarkan untuk  memiliki nama yang disebut hostname. Hostname yang lengkap disebut Fully Qualified Domain Name (FQDN).
Contoh FQDN : www.microsoft.com
FQDN ini terdiri atas :
  • Nama host (hostname)
  • Nama tempat komputer itu berada secara fisik atau secara kepemilikan (name of site).
  • Jenis organisasi pemilik.
Untuk mengakses informasi yang disediakan oleh suatu komputer pada Internet, diperlukan alamat URL (Uniform Resource Locator) informasi tersebut berada.
Alamat URL secara berurutan terdiri dari :
  1. Jenis protokol atau metode yang dipergunakan untuk mengakses informasi (access method).
  2. FQDN komputer tempat informasi itu berada.
  3. Penunjuk atau file dokumen yang menampung informasi tersebut (resource locator).

HyperText dan HyperLink

Pengguna di internet atau di intranet dapat membuat halaman Web dan antara halaman web yang satu dengan yang dapat terjadi link, hal ini dapat terjadi bila menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Setiap halaman web, termasuk home page untuk Web site, memiliki alamat yang unik yang dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL).
Halaman web adalah hypertext document (file yang memiliki format Hypertext Markup Language (HTML)) yang memiliki hyperlink.
Hyperlink adalah suatu shortcut pada halaman HTML yang mengacu ke resource yang terletak pada satu halaman atau suatu web site lain
http://otakkacau.net/2011/07/27/pengertian-world-wide-web-www-services-url/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar